Tuesday, January 9, 2007

SMPIT Daarul Fikri

INTERMEZZO
Usia 12-15 tahun (SMP) adalah usia dimana seorang manusia mulai menapaki masa peralihan dari seorang anak-anak menjadi remaja. Masa ini adalah masa-masa yg sangat rawan, karena banyak hal-hal baru yang baru pertama kali ditemui, dirasakan dan dihadapi oleh seorang manusia. Lingkungan sekarang yang cenderung lebih bebas dan terbuka, menyebabkan setiap remaja ingin mencoba hal-hal baru , bukan saja yang bersifat positif, tapi juga yang negatif.
Oleh karena itulah dibutuhkan sebuah institusi pendidikan formal yang mampu menjadi filter sekaligus memberikan solusi tentang metode pendidikan yang tepat, seimbang dunia akhirat.

KURIKULUM
Kurikulum SMPIT Daarul Fikri menggunakan kurikulum diknas yang diperkaya dengan kurikulum DF dan dikombinasikan dengan metode pembelajaran yang diterapkan di Pesantren yang efektif dan fungsional sehingga diharapkan dapat mengembangkan siswa secara kaffah.
Kurikulum khas DF antara lain :
Agribisnis, Software development, Enterpreneurship, English & Arabic Daily Conversation, Tahfidz Al-Qur'an & Al-Hadits, dll.

METODE PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran menggunakan kemasan Instrumental & Enviromental Learning, dan menerapkan metode quantum learning serta quantum teaching, sehingga siswa dapat bereksplorasi secara maksimal dalam menyerap ilmu yang diberikan oleh para guru.
Selain itu digunakan juga pendekatan ESQ (Emotional, Spiritual Quetion), sehingga siswa tidak hanya cerdas secara intelektual, tapi juga cerdas secara emosi dan kerohaniannya.

No comments: